Kamis, 19 Mei 2011

Becak Bermotor Dilengkapi Argometer

Lima unit becak bermotor di Lamongan, Jawa Timur, berargometer yang dirancang mahasiswa ITS Surabaya, Kamis (19/5) dioperasikan.




Jumlah itu merupakan sebagian dari total 205 becak bermotor yang diberi nama Becak Le e Lamongan (Bella) yang beroperasi di Lamongan.

Muslikan, Ketua Koperasi Ikatan Tenaga Manusia yang merupakan organisasi yang dibentuk Paguyuban Penarik Becak di Lamongan, Kamis (19/5), menuturkan, penentuan tarif Bella berargo disamakan dengan tarif Bella tanpa argo.

Ia menambahkan, saat ini di Lamongan juga masih terdapat sekitar 4.000 becak kayuh. Jumlahnya semakin berkurang karena penarik becak kayuh berganti Bella dan bertani. Dia berharap Bela dilegalkan, sehingga ada kepastian hukum, paling tidak ada Peraturan Daerah sebagai payung hukum operasional Bella.

Perancang argo untuk Bella, Ahmad Dwiana Candra, mahasiswa semester VI jurusan Teknik Fisika ITS Surabaya menganggap karyanya masih perlu dikembangkan dan disempurnakan. Salah satu upayanya, baterai argo akan diganti dengan aki basah.

"Becak berargometer ini merupakan yang pertama di I ndonesia, nantinya becak argometer akan menjadi ikon daerah Lamongan sebagai pengganti taksi," tuturnya.

Sumber:kompas

0 komentar:

Posting Komentar

trimakasih telah mengunnjungi blog ini
Silahkan untuk sekedar memberikan komentar serta kritik ataupun saran demi perbaikan blog ini..