Selasa, 24 Mei 2011

Busana Muslim Indonesia Bidik Pasar Eropa


Produk busana muslim Indonesia mulai membidik negara-negara non muslim sebagai pasar. Salah satu targetnya adalah Eropa. "Negara non musilim juga memiliki komunitas muslim," kata Penasehat Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI) Jakarta Anne Rufaidah, Selasa 24 Mei 2011.

Rencananya tahun ini APPMI akan mengadakan pameran busana muslim di pusat adi busana Eropa. "Tahun ini kami akan adakan pameran busana muslim di Paris, Prancis," tuturnya.

Pengurus APPMI dan Direktur Indonesia Fashion Week 2011 Dina Midiani mengatakan selama ini ekspor busana muslim Indonesia lebih banyak ke Timur Tengah, Turki, Malaysia, Dubai dan Brunai. Namun, kuantitasnya belum terlalu besar. "Karena masih secara perseorangan oleh masing-masing pengusaha," katanya.

Padahal, Indonesia memiliki banyak desainer busana muslim handal. "Saat ini pesaing utama kami adalah Malaysia yang sekarang sudah mulai punya banyak desainer, tapi Malaysia pun masih di bawah Indonesia karena dulu belajar dari Indonesia," tuturnya.

Sehingga untuk bisa membidik pasar pasar yang lebih luas, menurutnya, tidak cukup hanya bersandar pada kualitas, tapi juga kuantisa produk. "Kita perlu produksi massal, tapi itu masih terkendala modal karena perlu modal besar," ujar dia. Karena itu APPMI berharap bisa menjalin kerja sama dengan asosiasi tekstil dan garmen.

Artikel:Tempo

0 komentar:

Posting Komentar

trimakasih telah mengunnjungi blog ini
Silahkan untuk sekedar memberikan komentar serta kritik ataupun saran demi perbaikan blog ini..