Senin, 20 Juni 2011

Android dan I-phone "Rakus" Layanan Data

Perusahaan riset Nielsen menyatakan penggunaan layanan data pada setiap pengguna ponsel pintar meningkat hingga 89 persen dibanding satu tahun lalu.


Dalam laporannya seperti dikutip situs teknologi Cnet, Nielsen mengungkapkan jumlah data yang digunakan per bulan meningkat menjadi 435 megabita pada kuartal pertama tahun ini. Sementara penggunaan layanan data pada periode yang sama tahun lalu baru 230 megabita.

Kesimpulan itu diperoleh Nielsen setelah menganalisis tagihan telepon milik 65 ribu pengguna smartphone di Amerika Serikat. Menurut Nielsen, bisa dipastikan mereka yang sudah menggunakan layanan data tahun lalu akan semakin banyak lagi menggunakan layanan data pada tahun-tahun mendatang.

Sebagian besar pengguna ponsel yang "rakus" layanan data itu, kata Nielsen, adalah mereka yang memakai ponsel Android dan iPhone. Rata-rata pengguna ponsel tersebut mengkonsumsi data sekitar 582 dan 492 megabita setiap bulan.

Tapi, perlu diperhatikan bahwa pengguna ponsel Windows Phone 7 perlahan-lahan turut memakan banyak data. Dalam dua kuartal terakhir, pengguna ponsel Windows Phone 7 mengkonsumsi data dari 149 menjadi 317 megabita. Menurut Nielsen, ini disebabkan oleh semakin banyaknya aplikasi yang tersedia.

Namun, peningkatan penggunaan layanan data ini berbanding terbalik dengan harga yang harus dibayar pengguna. Nielsen menyatakan, pengguna kini hanya perlu menyisihkan 8 sen untuk satu megabita data, sedangkan setahun lalu kapasitas data sebesar itu seharga 14 sen.

Dari hasil riset tersebut, selain ponsel Android, iPhone, dan Windows Phone 7, ada pula pengguna layanan data BlackBerry dan Windows Mobile. Konsumsi data pengguna Windows Mobile naik turun dari 233 megabita di kuartal pertama tahun lalu, menjadi 169 (Q2, 2010), 227 (Q3, 2010), 205 (Q4, 2010), dan 174 (Q1, 2011). Adapun pengguna layanan data dari ponsel BlackBerry tidak mengalami peningkatan yang signifikan, yakni 217 megabita pada kuartal pertama tahun ini.

RINI K|CNET

Sumber :Tempo

0 komentar:

Posting Komentar

trimakasih telah mengunnjungi blog ini
Silahkan untuk sekedar memberikan komentar serta kritik ataupun saran demi perbaikan blog ini..